Roda Perubahan..

SAYA MENYUKAI PELAJARAN SEJARAH sejak SMP. Itu, karena guru saya Pak Sumantoyo,tidak hanya mengajarkan fakta-fakta, tetapi ia mampu memberikan semacam hikmah dari setiap peristiwa sejarah yang ia ajarkan. Saya juga sangat tertarik dengan penulisan novel sejarah yang mencoba menggambarkan tokoh-tokoh dengan kelebihan dan kekurangannya, tak terjebak pada Baik vs Jahat. Tentu masih ada sedikit bias,…

You’ve Got A Friend..

DULU saya mengira lagu ini adalah sebuah lagu persahabatan yang luar biasa. SUATU KETIKA, saya jatuh cinta terpuruk dalam masalah.. Semua yang saya kerjakan tampaknya selalu salah, semua orang yang saya harapkan tampaknya menjauh..  Nyaris tengah malam, lagu ini, dan dengan versi original Carole King 1971 sebelum dibawakan James Taylor dan lain-lainnya ini, berkumandang memenuhi…

Yaa Ilahi..

BAGAIMANA jika hidup ternyata tak seindah yang kita harapkan ? Bagaimana bila impian kita hancur sehancur-hancurnya: apatah itu kekasih hati yang memperlakukan kita dengan buruk, pekerjaan idaman yang ternyata dipenuhi kecemasan berlebihan, atau lain-lainnya ? Pernah merasa terpuruk sampai ke titik yang kita tidak bisa terpuruk lagi, sampai-sampai kita tidak  punya kata lain selain “Yaa…

Rejeki itu Hak Pakai. Trust me..!

KEBETULAN SEMALAM baca taushiyah soal ini. Eh bakda ashar, denger taishiyah soal ini juga. Sepertinya ini tanda-tanda kudu nulis soal beginian nih + Pembenaran ! – Biarin :p  REJEKI itu HAK PAKAI. BUKAN HAK MILIK ! Nggak percaya ?! Sebaiknya kau percaya ajalah, bro.. Bagi yang beragama Islam pasti tau bahwa setiap orang akan dimintaui pertanggungjawaban atas CARA…

Matamu..

DI BEBERAPA TEMPAT, kata benda seperti ini dijadikan kata makian. Tetapi di beberapa tempat lainnya, kata benda begini betul2 hanya menunjukkan benda berupa mata milikmu atau your eyes. MATA SESEORANG ITU ISTIMEWA Pernah lihat orang jatuh cinta ? Matanya akan memancarkan binar2 yang gimanaaa gituh saat ia memandang orang yang ia cintai/sayangi. Begitu juga kalo…

Yamato, Hasshin !

Farewell, Earth.  The ship that is departing is The Space Battleship Yamato It departs now to Iskandar, at the end of the cosmos, bearing its fate. “We will come back, no matter what it takes”,  answer with a smile to the waving people KADANG-KADANG kita terjebak bahwa film anak-anak seharusnya lagunya juga lagu anak-anak, ceritanya juga logika anak-anak. Ternyata orang Jepun berpikiran lain. Film-nya boleh saja untuk anak/remaja, tapi logika berpikir haruslah benar. Logika cerita haruslah baik. Boleh dipermudah, tetapi jangan juga under-estimate.   Setidaknya film Space Battleship Yamato yang saya tonton ini demikian.  Film ini…

Terlalu Cinta

PENGANTAR NGGAK PENTING JUJURLY  Gw suka aneh sama orang-orang kalo soal cinta. Jadi gini, kan orang sering bilang “gw cinta elo”.. Eh giliran yang di sono ngga cinta, terus yang katanya “cinta elo” tadi jadi ngga jadi. Malah sama orang lain biasanya disuruh move on.. malah disuruh mencintai orang lain aja.  Piye jal ? Katanya cinta, kok nuntut…

Tentang Selamat

KEBANYAKAN DARI KITA cenderung ingin melihat orang jahat dihukum dan orang tertindas diselamatkan. Betul ?! _____ Anda pernah denger lagu berjudul Amazing Grace ?  Betul. Lagu itu adalah sebuah lagu pujian/hymne dalam agama Kristen. Namun begitu, isinya justru sangat universal  #kataguesik Amazing grace! (how sweet the sound) That sav’d a wretch like me! I once was lost, but now am…

Pengetahuan dan Kebijaksanaan

BEBERAPA TAHUN KILOGRAM yang lalu, cukup lama jugasik, saya dan beberapa kawan pernah aktif dalam kegiatan kepecintaalaman di sekolah. Sekolah Menengah khusus lelaki di Jakarta < kalimat terakhir ini berisi informasi tidak penting yang sengaja disertakan, sebagai pengingat masa lalu yang gilang gemilang (red.). Masa-masa dikorbankan berkorban waktu pikiran tenaga dan uang selama 16 malam-minggu itu diisi…

Apa itu Baik atau Jahat ?

ORANG BODOH KAYAK ANE kadang dengan mudah menuding seseorang jahat karena: orang itu, kaum itu, dia, atau mereka,  melakukan suatu perbuatan atau perkataan yang tidak menyenangkan (buat ane, atau buat “kami”), orang itu, kaum itu, dia, atau mereka,  melakukan suatu perbuatan atau perkataan, dan atau mengungkap pemikiran yang tidak sama, atau mungkin agak berbeda (nggak harus…

Contigo Aprendi – With you I’ve learned

Suka musiknya. Suka liriknya. Sengaja ditulis ulang dan dibagi di sini. Terima kasih, sudah bersedia belajar mencinta, belajar menjalani hidup.. ^ ^ Contigo aprendi With you I’ve learned Que existen nuevas y mejores emociones That there are new and better emotions (feelings) Contigo aprendí With you I’ve learned A conocer un mundo lleno de ilusiones To…

In Memoriam (?!): Eka Prasetia Panca Karsa

PENGANTAR + Maksudlo, Ri? – Sekedar mengingatkan saja. Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia kita ini bisa dijabarkan ke dalam 36 butir. + Et dah, Ri.. Penataran P4 jaman Orba lagi, lu? – Gak bermaksud gitu, sik. Tapi kalo ini adalah dasar kita hidup bernegara, kenapa ya rasanya kok udah beberapa tahun ini, apalagi 1-2 bulan…